Selasa, 03 Juli 2018

10 Tips Mengobati Sembelit Dalam Waktu Singkat

Sembelit atau konstipasi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kesulitan buang air besar. Eksresi stres mungkin terdengar seperti masalah sepele. Namun, jika dibiarkan, itu dapat menyebabkan risiko kesehatan yang lebih besar. Terutama jika sembelit sering terjadi.

Bagaimana cara mengatasi konstipasi yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, akan lebih baik jika kita mencoba bentuk alami terlebih dahulu. Ini beberapa dari mereka.
Bagaimana cara mengatasi sembelit akut

Dapat dikatakan bahwa konstipasi akut jika berlangsung lebih dari 3 hari. Apalagi jika organ perut dan ekskretoris merasa tidak nyaman.

Jadi, bagaimana cara crystal x mengatasi konstipasi akut? Berikut adalah beberapa tips bermanfaat dari Boldsky.

1 minggu

Cobalah makan makanan dengan sifat osmotik, seperti susu. Susu bermanfaat mengatasi sembelit karena mengandung magnesium. Makanan ini akan menarik lebih banyak cairan di usus sehingga akan mempercepat buang air besar. Tetapi pastikan tubuh Anda juga tetap terhidrasi dengan baik.

1-2 minggu

Dalam kasus seperti itu, Anda memerlukan obat pencahar stimulan yang merangsang pergerakan otot usus. Jika BABnya lembut, Anda harus berhenti menggunakannya sehingga tubuh tidak bergantung pada bantuan obat ini.

Lebih dari 3 minggu

Air besar yang belum diekskresikan selama lebih dari 3 minggu telah menjadi kronis. Anda harus pergi ke dokter untuk menerima perawatan medis.

Cara mengatasi sembelit dengan cepat

Jika Anda ingin mengobati sembelit dengan cepat, obat laksatif atau gel yang tersedia di pasaran dapat memberikan solusi instan. Tetapi Anda juga dapat mencoba bentuk-bentuk yang direkomendasikan berikut MedicalNewsToday.

Minum air soda

Konsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat membantu melunakkan pencernaan yang terhambat. Terutama air yang cemerlang yang menurut sebuah penelitian dapat membantu lebih baik daripada air biasa.

Namun sebaiknya Anda tidak memilih minuman berkarbonasi dengan kandungan gula tinggi. Terlalu banyak gula sebenarnya dapat menyebabkan konstipasi yang lebih parah.

Konsumsi serat prebiotik

Konsumsi lebih banyak serat, terutama serat prebiotik yang tidak mudah dicerna. Serabut prebiotik akan disimpan di usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertanggung jawab atas pencernaan di usus.

Serat prebiotik dapat ditemukan dalam pisang, bawang, bawang putih, kulit apel dan kacang.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Dilaporkan oleh Prebiotin.com, makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) seperti yoghurt, sauerkraut, tapai dan kimchi dapat membantu melembutkan pencernaan yang terganggu.

Selain itu, makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt juga dapat mengatasi sembelit dengan memproduksi asam laktat dan asam lemak yang dapat merangsang pergerakan usus.

Minum kopi

Kafein dalam kopi akan meningkatkan kebutuhan untuk buang air besar. Ini karena kemampuan kafein untuk merangsang otot-otot sistem pencernaan.

Cara mengatasi sembelit pada anak-anak

Perawatan konstipasi pada anak-anak tidak dapat dilakukan tanpa perawatan. Karena anak-anak tidak memiliki resistensi sebagai orang dewasa.

Berikut beberapa cara mengatasi sembelit pada anak yang direkomendasikan oleh dr. Deffy Leksani Anggar Sari dari Meetdoctor.
  • Berikan cukup cairan pada bayi Anda, terutama air. Anak-anak antara 1 dan 3 tahun membutuhkan cairan sekitar 1,3 liter per hari.
  • Pastikan anak Anda mendapat buah dan sayuran setiap hari. Beberapa buah dan sayuran untuk meringankan gejala sembelit adalah apel, pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada dan kembang kol.
  • Konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti sereal dan roti gandum utuh.
Demikian beberapa cara mengatasi sembelit untuk orang dewasa dan anak-anak. Jika bentuk-bentuk di atas tidak bisa menyelesaikan gangguan pencernaan, apalagi jika sudah lebih dari 3 minggu, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar